My Picture

My Picture
The Big Family in Class Math D :)

Minggu, 02 Desember 2012

PEMBUATAN YOGHURT


Tugas Individu

PEMBUATAN YOGHURT
(Diajukan sebagai syarat untuk mengikuti perkuliahan mata kuliah Biologi Umum)

Disusun oleh:

Thrias Mayang Segara   1211050205

Dosen : Dora Yusnita, S. Pd
TADRIS MATEMATIKA
Kelas : D



FAKULTAS TARBIYAH
INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI RADEN INTAN
LAMPUNG
2012/2013





BAB I
PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang

Bioteknologi terbagi menjadi 3 yaitu bioteknologi menggunakan mikroorganisme, kultur jaringan, dan rekayasa genetika. Bioteknologi yang menggunakan mikroorganisme seperti bakteri, kahmir(yeast), dan kapang) antara lain penemuan dan penyelesaian masalah pangan, obat-obatan, pembasmi hama tanaman, pencemaran, pembasmian hamatanaman, dan pemisahan logam dari bijih logam. Yoghurt merupakan salah satu dari penerapan bioteknologi, yang menggunakan mikroorganisme yaitu bakteri Lactobacillusbulgaricus dan Streptococus thermophilius.
Yoghurt merupakan makanan yang enak dan menyehatkan karena dapat disajikan secara langsung maupun diolah dahulu menjadimakanan maupun minuman yang memiliki banyak kandungan di dalamnya. Oleh karenaitu saya menulis makalah ini agar para pembaca dapat mengetahui cara pembuatan yogurt, manfaat dari yoghurt dan mau mengkosumsinya. 

1.2 Rumusan Masalah
1.      Bagaiman Cara Pembuatan Yoghurt ?
2.      Apa Saja Kandungan dan Manfaat Yoghurt ?
3.      Apa Saja Tips Memilih Yoghurt yang Baik?

1.3  Tujuan Penelitian

1.      Mengetahui Cara Pembuatan Yoghurt
2.      Mengetahui Kandungan dan Manfaat Yoghurt
3.      Mengetahui Tips Memilih Yoghurt

1.4 Manfaat Penelitian
1.      Menambah pengetahuan mengenai pembuatan yoghurt.
2.      Dapat diterapkannya dalam kehidupan sehari-hari.


BAB II
PEMBAHASAN
2.1 Landasan Teori

Yoghurt atau yogurt adalah sebuah produk susu yang dihasilkan oleh bakteri fermentasi susu. Fermentasi dari laktosa menghasilkan asam laktat yang bekerja pada protein susu sehinggamembuat yoghurt lebih padat serta memiliki tekstur dan aroma yang khas. Umumnya yoghurtdibuat menggunakan susu sapi, namun ada beberapa yoghurt juga menggunakan susu kedelai. Yoghurt telah dikonsumsi selama lebih dari 4500 tahun dan telah terkenal di seluruh duniadewasa ini. Yoghurt memiliki kandungan nutrisi yang baik untuk kesehatan. Beberapa dikeunggulan yoghurt adalah kaya protein, memiliki kandungan kalsium, riboflavin, vitamin B6dan vitamin B12 (Anonim 1, 2009).
Ada bukti bahwa produk susu budidaya telah diproduksi sebagai makanan selama paling sedikit 4500 tahun, sejak milenium ke-3 SM. Yoghurt paling pertama kemungkinan terfermentasi secara spontan oleh bakteri liar yang hidup pada tas kulit kambing yang dibawa oleh bangsa Bulgar, orang nomadik yang mulai bermigrasi ke Eropa pada abad ke-2 M dan akhirnya menetap di Balkan pada akhir abad ke-7. Sekarang, banyak negara memiliki yoghurtnya sendiri, walaupun sampai sekarang belum ada bukti yang jelas mengenai siapa yang menemukan yoghurt.
Susu merupakan bahan makanan yang mempunyai nilai gizi tinggi. Hampir semua zatyang dibutuhkan oleh tubuh kita terdapatdalam susu. Susunan yang sempurna ini merupakanmedia yang sangat baik bagi pertumbuhan organisme, sehingga susu sangat peka terhadapkontaminasi mikroorganisme serta sangat mudah menjadi busuk. Teknologi yang diterapkanuntuk mengatasi keadaan tersebut dengan meningkatkan daya guna susu mencakup usaha-usaha untuk meningkatkan manfaat susu dengan cara mengolahnya menjadi produk lain untuk dapat dipasarkan. Yoghurt adalah salah satu dari hasil pengolahan susu yang mempunyai nilai gizi tinggi. Baik sekali diminum setiap hari oleh setiap orang, terutama bagi mereka yang dietdan intoleransi laktosa. Yoghurt yang beredar dipasaran mempunyai keasaman dan rasa yangtidak sama. Salah satu penyebabnya adalah penggunaan starter yang berbeda atau konsentrasi yang  berbeda.  Konsentrasi  starter  yang  digunakan  akan  mempengaruhi  kecepatanperombakan laktosa, pada waktu dan  suhu inkubasi yang sama sehingga akan  menghasilkan yoghurt yang mempunyai karakteristik yang berbeda. Hal ini merupakan pemikiran bagipenulis untuk mengetahui pengaruh konsentrasi starter pada pembuatan yoghurt terhadapkadar asam, warna, bau, rasa dan tekstur yang disukai konsumen.
Fermentasi susu menjadi yoghurt dilakukan dengan bantuan bakteri asam laktat yaitu Lactobacilus bulgaricus dan Streptococcus thermophilus. L. Bulgaricus adalah bakteri grampositif berbentuk batang dan tidak membentuk endospora. Dalam susu, L. Bulgaricus akanmengubah laktosa menjadi asam laktat. Bakteri ini bersifat termodurik dan homofermentatif,dengan  suhu  optimum  untuk  pertumbuhannya  sekitar  450 C.  Kondisi  optimum  untuk pertumbuhannya adalah sedikit asam atau sekitar pH 5,5.S. thermophilus adalah bakteri grampositif  berbentuk  bulat,  sering  pertumbuhannya  berbentuk  rantai.  Bakteri  ini  dapatdiklasifikasikan sebagai bakteri homofermentatif dan termodurik dengan pH optimum untuk pertumbuhannya sekitar 6,5 (Helferich dan Westhoff 1980).
 

Bab III
Metode Penelitian

3.1 Alat dan Bahan

·         Alat yang digunakan :                                                                        
1.      Panci untuk merebus
2.      Kompor minyak atau listrik
3.      Toples bervolume 1 liter
4.      Alumunium foil
5.      Lakban putih
6.        Pengaduk
7.      Sendok
·         Bahan yang digunakan :
1.      Susu murni / susu skim 1 liter
2.      Starter yoghurt / activia 50 ml

3.2 Cara Kerja
1.      Rebus susu di atas api kecil sambil diaduk-aduk agar tidak pecah sampai mendidih.
2.      Setelah mendidih (90ºC) pertahankan suhu agar tetap dengan mengangkat dan merebus kembali selama 15-20 menit.
3.      Angkat susu lalu dinginkan.
4.      Setelah agak dingin (40-45 ºC) pindahkan ke dalam toples yang sudah dibersihkan dan dikeringkan lalu masukkan starter.
5.      Aduk sebentar hingga starter tercampur merata.
6.      Inkubasi pada suhu ruang selama 1 x 24 jam.
Tips :
·         Untuk mendapatkan yogurt yang kental, dapat ditambahkan susu bubuk 150 gr yang ditambahkan pada saat memanaskan susu.
·         Bila ingin membuat yoghurt dengan aneka rasa, bisa mengganti susu murni dengan susu aneka rasa sesuai selera. Yoghurt yang digunakan sebagai biang juga menyesuaikan dengan rasa susunya.
·         Yoghurt sangat enak bila disajikan dengan potongan buah dan disajikan saat dingin.
Kebersihan merupakan hal yang harus sangat kita perhatikan, sehingga sebaiknya semuaalat yang digunakan direbus terlebih dahulu dalam air mendidih selama 5-10 menit. Apabilakebersihan tidak dijaga dapat mengakibatkan yoghurt tidak jadi, dengan ciri-ciri tidak berasamwalaupun berbentuk solid, di permukaan solid ditumbuhi jamur yang berbentuk bintik-bintik hitam dan berbau asam yang sangat tajam. Untuk yoghurt yang kita buat sendiri sebaiknya palinglama penyimpanannya selama 1 minggu.Selain masalah kebersihan, masalah penyimpanan yoghurt juga perlu untuk diperhatikan. Ada dua hal yang harus diperhatikan yaitu :
1.      Yoghurt tidak boleh terkena sinar matahari.
2.      Tidak boleh ditaruh dalam suhu ruangan, harus disimpan dalam suhu dingin/kulkas tetapi juga tidak boleh diletakkan dalam freezer. Yoghurt tidak boleh disimpan dalam freezer karena bahan dasar yoghurt yang berupa susu dapat pecah dan justru itu akan merusak yoghurt.



Bab IV
Hasil dan Pembahasan

4.1 Hasil Penelitian

Dengan mengikuti cara kerja secara baik dan benar, maka menghasilkan penelitian yang sangat memuaskan. Dengan memperhatikan suhu udara dan kebersihan maka dihasilkan lah yoghurt yang enak dan sehat untuk dikonsumsi. Selain itu di dalan yogurt banyak mengandung nutrisi, mineral, vitamin, lemak dan asam amino. 

            Menurut Ellie Metctchnikoff,  pemenang nobel kedokteran pada tahun 1908, membuktikan adanya kolerasi positif antara kosumsi yoghurt dengan umur panjang. Ia meneliti kebiasaan minum yoghurt penduduk di kawasan Semenanjung Balkan, ia menemukan secara umum penduduknya berumur panjang yaitu rata-rata mencapai usia 87 tahun dan tampak lebih muda dari usianya.Yoghurt mengandung bakteri asam laktat yang mencegah radikal bebas masuk ke dalam tubuh.Radikal adalah atom atau kelompok atom dalam keadaan bebas alias tidak terikat oleh guguslain. Jika dianalogikan maka radikal bebas bagai penjahat yang tangannya tak terikat sehinggausil mengambil barang.
Faktanya radikal bebas mengambil molekul hydrogen, asam lemak, danlogam berat yang pada akhirnya memicu berbagai penyakit degeneratif.Sejatinya bakteri asam laktat juga menghuni lambung dan usus halus manusia. Ketika bakteri darui yoghurt bertemu dengan bakteri di usus mereka bersimbiosis untuk mencegahserangan mikroba patogen.Kerja bakteri asam laktat mempermentasikan susu ternyata meningkatkan kandungan giziyoghurt khususnya vitamin B1 (tiamin), vitamin B2 (riboflavin), vitamin B3 (niasin), vitamin B6 (piridoksin) asam folat, asam pantotenatdan biotin. Sederet vitamin itu membantu meningkatkankesehatan system reproduksi kekebalan tubuh dan ketajaman fungsi berpikir. Dengan rajinminum yoghurt terutama yang murni/polos, dapat merangsang tubuh mempercepat proses peremajaan sel.
Tak heran jika yoghurt sudah digunakan untuk mandi rendam, masker, danluluran di lingkungan Kekaisaran Konstatinopel ratusan tahun lalu.Yoghurt dari susu skimsangat kaya mineral terutama kalsium dan fosfor. Bersama dengan vitamin B kompleks, keduamineral tersebut bekerja ganda membantu masa tulang yang kuat. Oleh karena itu yoghurt susunirlemak sering diklaim dapat mencegah osteoporosis. Bagi orang yang selalu diare setiap kali minum susu karena menderita intoleransi laktosa(lactose intolerance) akan aman saja jika meminum yoghurt. Proses permentasi telah menguraisebagian besar susu gula (laktosa) menjadi komponen-komponen sederhana sehingga laktosalebih mudah diserap tubuh dan tidak mengakibatkan mencret.Sebagai sumber protein, kalsium dan posfor yang tinggi, yoghurt baik dikosumsi olehanak 1-3 tahun. pada fase itu anak-anak membutuhkan asupan energi mencapai 102 kkal/kg:orang dewasa 36-37 kkal/kg bobot tubuh. Pada usia anak-anak dosis yang dianjurkan 300-400mg yoghurt setiap hari.

4.2 Manfaat-manfaat Yogurt
Yoghurt merupakan minuman olahan susu yang diperoleh dari proses fermentasi dengan mempertahankan mikroorganisme tertentu yang masih dipertahankan dan masih hidup. Kehadiran mikroorganisme inilah yang nantinya membuat rasa susu menjadi asam. Rasa asam pada susu hasil fermentasi tersebut berasal dari asam laktat yang salah satu manfaatnya adalah meningkatkan daya tahan tubuh. Selain meningkatkan daya tahan tubuh, yoghurt memiliki beragam manfaat bagi kesehatan, antatra lain.
1.     Menyehatkan pencernaan
Yoghurt dapat membantu masalah perut. Probiotik (jenis bakteri yang menguntungkan) terkandung dalam beberapa yogurt menyeimbangkan mikroflora dalam usus dan dapat membantu pencernaan serta menjaga tubuh tetap fit,” kata Robin Plotkin, RD, ahli kuliner dan gizi.
Untuk mendapat manfaatnya, pastikan yoghurt mengandung setidaknya satu miliar unit pembentuk koloni (colony-forming units atau CFUs) probiotik hidup. Informasi ini biasanya tersedia di situs-situs merk Yoghurt terkenal. Beberapa macam manfaat yoghurt untuk kesehatan percernaan seperti : mengatasi diare, radang usus, kanker usus atau intoleransi laktosa.
2.     Mengurangi risiko terjadinya infeksi pada vagina
Wanita yang mengkonsumsi yoghurt dapat mengurangi tingkat keasaman (pH) sehingga dapat mengurangi perkembangan infeksi jamur.
3.     Meremajakan wajah
Tidak perlu biaya mahal untuk merawat kulit agar terlihat sempurna. Yogurt mengandung asam laktat, yang merupakan komponen dalam prenting bahan kimia untuk pergantian kulit. “Pengelupasan lapisan atas kulit dapat membersihkan noda dan menyebabkan perubahan warna, bahkan dapat mengurangi kerutan-kerutan halus,” kata dermatolog, Hema Sundaram, MD.
Caranya sederhana: Campurkan 1 cangkir yoghurt Yunani dengan 2 – 3 tetes minyak almond atau minyak zaitun dan satu sendok makan madu. Oleskan ke wajah dan biarkan selama 20 – 30 menit, lalu bilas dan keringkan. Hasilnya, kulit wajah akan lebih bercahaya.
4.     Pembersih yang ramah lingkungan
“Perabotan dari kuningan dapat berkilau kembali menggunakan yoghurt. Asam laktat-nya juga berfungsi menggerogoti kotoran,” kata pakar lingkungan, Annie Bond, penulis buku ‘Better Basics for the Home’. Untuk membuat barang kuningan terlihat baru lagi, gunakan teknik pembersihan yang diajarkan Ms. Bond. Usap seluruh bagian dengan kain basah, lalu tuangkan beberapa sendok makan yogurt ke kain bersih dan gosokkan ke permukaan perabot sampai mengkilap. Lap sisa-sisa yoghurt, cuci dengan sabun dan air panas, dan kilapkan dengan kain bersih untuk melihat seberapa berkilaunya perabot kuningan tersebut.
5.     Menurunkan risiko darah tinggi
Dengan mengkonsumsi yoghurt 2-3 porsi sehari, dapat mengurangi risiko tekanan darah tinggi.
6.     Menjaga jantung tetap sehat
Yoghurt juga baik untuk jantung sebab rendah lemak, bahkan bebas lemak. Mengonsumsinya dapat membantu menurunkan risiko terserang tekanan darah tinggi,” kata Alvaro Alonso, MD, PhD, profesor di University of Minnesota Sekolah Kesehatan Masyarakat. Protein khusus dalam susu mengatur tekanan darah, kadar kalsium, magnesium, potasium, dan menyebabkan efek penurun tekanan darah.
7.     Mencegah Osteoporosis
Karena berbahan dasar susu, maka dalam yoghurt mengandung kalsium dan vitamin D. Kedua zat ini dapat membentu seseorang terkena osteoporosis.
8.     Membantu kita lebih kenyang
Kandungan kalori yang terdapat dalam yoghurt manjadikan yoghurt makanan yang dapat membantu sesorang merasa lebih kenyang.
Bagitu banyak manfaat yoghurt untuk kesehatan. Tak salah, jika yoghurt sangat disarankan untuk dikonsumsi. Untuk mendapatkan manfaat yang lebih maksimal, sebaiknya bagi kita untuk lebih selektif memilih yoghurt. Karena banyak sekali dipasaran dijual beraneka merek yoghurt yang mengandung bahan pengawet, pewarna, maupun rasa. Jangan lupa untuk menyimpanya dalam suhu dingin karena yoghurt tinggi protein dan mengandung bakteri aktif yang mudah rusak jika disimpan pada suhu ruang dan terkena paparan sinar matahari.

4.3 Tips Memilih Yogurt
Bila anda tidak sempat membuat dan ingin membeli yogurt di pasaran maka ada beberapahal yang harus diperhatikan :
1.      Pilihlah yoghurt yang kental.
2.      Pilihlah yoghurt yang disimpan di suhu dingin jangan yang di luar karena biasanya sudahdisterilkan lagi sehingga mikroorganismenya sudah tidak ada.
3.      Dicermati labelnya yang plain yoghurt atau yang drink yoghurt disesuaikan dengankebutuhan kita.
4.      Dicermati tanggal kadaluarsanya.



BAB V
 PENUTUP

5.1 Kesimpulan

Yoghurt merupakan salah satu penerapan dari bioteknologi, yaitu mengubah susumenjadi suatu bahan makanan baru yang memiliki kelebihan. Yoghurt mengandung kandungan yang dapat mencegah radikal bebas, meningkatkan daya tahan tubuh, ketajaman fungsi berpikir,mempercepat peremajaan sel , sumber kalsium dan fosfor yang baik untuk pertumbuhan tulang,menurunkan kolesterol darah, mencegah osteoporosis dan baik untuk mereka yang alergiterhadap susu, serta menurut penelitian dapat memperpanjang umur.
            Yoghurt merupakan minuman olahan susu yang diperoleh dari proses fermentasi dengan mempertahankan mikroorganisme tertentu yang masih dipertahankan dan masih hidup. Kehadiran mikroorganisme inilah yang nantinya membuat rasa susu menjadi asam. Rasa asam pada susu hasil fermentasi tersebut berasal dari asam laktat yang salah satu manfaatnya adalah meningkatkan daya tahan tubuh. Selain meningkatkan daya tahan tubuh, yoghurt memiliki beragam manfaat bagi kesehatan, antatra lain.
1.     Menyehatkan pencernaan
2.     Mengurangi risiko terjadinya infeksi pada vagina
3.     Meremajakan wajah
4.     Pembersih yang ramah lingkungan 
5.     Menurunkan risiko darah tinggi
6.     Menjaga jantung tetap sehat
7.     Mencegah Osteoporosis
8.     Membantu kita lebih kenyang


 
DAFTAR PUSTAKA


Diah Aryulina, Choirul Muslim, Syalinaf Manat, Endang Widi Winarmi. 2009.
 Biologi 3 : SMAdan MA untuk kelas XII.
















Tidak ada komentar:

Posting Komentar